PERANAN PENTING PEMBINAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA
MATRIKULASI STEI TAZKIA
PROPOSAL SKRIPSI
Diajukan oleh:
Ramadhan NM
Nim : ******
PERANAN PENTING PEMBINAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA
MATRIKULASI STEI TAZKIA
BAB I
1.1 Latar Belakang
STEI
Tazkia adalah salah satu perguruan tinggi yang beroperasi
dibawah naungan Yayasan Tazkia Cendekia yang dibentuk berdasarkan Akta No. 5
Notaris Syarif Tanudjaja tanggal 11 Maret 1999. Dan yang bergelut dalam ekonomi islam. Kiprah Tazkia dalam pengembangan
ekonomi Islam diawali pada awal tahun 1998 ketika Bank Indonesia mulai
memberikan perhatian yang lebih serius dalam pengembangan perbankan syariah,dan
pada usianya yang sangat muda,STEI Tazkia mampu menciptakan lulusan yang unggul
yang siap untuk bersaing dengan lulusan-lulusan perguruan tinggi yang lain, disini
mahasiswa di didik aqidah dan akhlak, sehingga menjadikan seorang yang
menjunjung tinggi akhlak dan moral dalam kehidupan sehari-hari, dalam Visinya ,
STEI Tazkia tegas dan jelas telah diikrarkan sebagai institusi yang berusaha
keras untuk mencetak alumni-alumni yang
berjuang dan unggul dalam ekonomi islam, mahasiswa bukan saja memiliki kompetensi dalam
bidang sains dan pengetahuan luas tapi juga memiliki pemahaman yang mendalam
tentang aspek-aspek syariah.
Di perguruan tinggi ini,pada tahun pertama mahasiswa diwajibkan
untuk asrama(matrikulasi) yang terletak di jl.Dramaga.Km 07,yang mana mahasiswa
di didik dengan pembinaan dengan upaya merubah pola pikir, sikap, dan perilaku,
dari yang negative menuju yang positif. Perubahan tersebut bisa diamati dalam
kehidupan mahasiswa di asrama, sejauhmana mahasiswa mampu berfikir, bersikap
dan berperilaku positif dalam menyelesaikan problema yang mereka hadapi di
asrama, dan kehadirannya mampu menberikan kemanfaatan sebanyak mungkin bagi
mahasiswa lain. Dia tidak saja bergerak tapi menggerakan, berjuang dan
memperjuangkan, bahkan bukan hanya berkelakuan baik tapi menjadi contoh yang
baik. Inti dari pembinaan adalah penanaman akhlak mulia yang bersumber
pada aqidah dan tauhid yang benar pada
diri para mahasiswa, dan harus dijabarkan dalam totalitas kegiatan matrikulasi
yang bersifat positive, maka seluruh apapun yang dilakukan, dikerjakan bahkan
dilihat dari para Pembina yang bersifat
positif adalah contoh yang baik.
Dalam kehidupan mahasiswa sehari-hari di matrikulasi, peran dan
fungsi seorang Pembina sangatlah penting dalam mensukseskan setiap usaha STEI
Tazkia dalam upaya untuk menciptakan alumni-alumni yang unggul, siap bersaing
dengan alumni-alumni dari perguruan tinggi manapun dan yang terpenting adalah
menciptaan alumni-alumni yang berjuang demi agama islam melalui ekonomi islam.
Dengan sentuhan (pembinaan) langsung,seseorang bisa
dinilai,diarahkan dan dievaluasi. Dalam kaitan pembinaan di STEI Tazkia, pola pikir,
sikap dan tingkah laku adalah pola yang diwarnai oleh jiwa, ajaran, system,
kegiatan dan disiplin STEI Tazkia. Dengan pembinaan , mahasiswa ditanamkan
akhlak dan mental seorang muslim yang bersumber dari aqidah yang benar dan
syariah yang lurus.
Maka disini peran Pembina ataupun dosen-dosen dituntut untuk
menjadi uswah hasanah dalam upaya memberikan dan menjadi contoh yang baik bagi
para mahasiswa
Dalam proses manciptakan mahasiswa yang menjungjung tinggi syariat islam, pembinaan
tidak hanya terbatas pada mutu akademis atau aspek kognitif saja, tetapi lebih
dari itu, pembinaan yang dimaksud adalah membina mental dan moral mahasiswa.
Perhatian Pembina, dosen-dosen atau para pengurus yang ada di asrama yang baik akan menjadikan mahasiswa
menjadi betah, asyik, dan menikmati kehidupan di asrama ini.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasrkan rumusan diatas maka permasalahan yang diambil dalam
permasalahan ini adalah:
1.
Sejauh
mana peran penting pembinaan dalam pembentukan karakter bagi mahasiswa
matrikulasi STEI Tazkia.
2.
Apakah
kegiatan pembinaan bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia sangat efektif bagi pembentukan
karakter mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia.
3.
Faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhi dalam pemnbentukan karakter bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia.
4.
Sejauhmana peran penting Pembina dan
dosen-dosen sebagai contoh yang baik bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia.
5.
Sejauhmana
peran disiplin yang diberikan kepada mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia dalam
membentuk mahasiswa yang unggul dan menjungjung tinggi syariat islam.
6.
Apakah semua kegiatan yang ada asrama di bisa
diterima dengan baik bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia yang berbeda-beda
latar belakang pendidikannya.
7.
Apakah aspek lingkungan mempengaruhi dalam
pembinaan pembentukan karakter bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia
1.3 Tujuan
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
mengetahui sejauhmana peran penting pembinaan dalam pembentukan karakter bagi
mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia.
2.
Untuk
mengetahui apakah kegiatan pembinaan bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia
sangat efektif bagi pembentukan karakter mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia.
3.
Untuk
mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pemnbentukan karakter
bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia.
4.
Untuk
mengetahui sejauhmana peran penting Pembina dan dosen-dosen sebagai contoh yang
baik bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia.
5.
Untuk
mengetahui sejauhmana peran disiplin yang diberikan kepada mahasiswa
matrikulasi STEI Tazkia dalam membentuk mahasiswa yang unggul dan menjungjung
tinggi syariat islam.
6.
Untuk
mengetahui apakah semua kegiatan yang ada asrama di bisa diterima dengan baik
bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia yang berbeda-beda latar belakang
pendidikannya.
7.
Untuk
mengetahui apakah aspek lingkungan mempengaruhi
dalam pembinaan pembentukan karakter bagi mahasiswa matrikulasi STEI
Tazkia.
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah :
1.
Memberikan
pengetahuan terhadap mahasiswa akan pentingnya kegiatan pembinaan bagi
pembentuka karakter mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia.
2.
Memberikan
pengetahuan akan pentingnya figur yang baik bagi kehidupan kita khususnya dalam
dunia pendidikan.
3.
Meberikan
pengetahuan bahwa pentingnya bagi semua Pembina, dosen-dosen ataupun para
pengurus dalam menjaga tingkah laku sebagai contoh bagi mahasiswa matrikulasi
STEI Tazkia.
4.
Memberikan
pengetahuan kepada para mahasiswa bahwa pentingnya dalam mengikuti disiplin
yang ada di matrikulasi STEI Tazkia.
5.
Memberikan
dorongan kepada mahasiswa dalam mengikuti kegiatan matrikulasi di STEI Tazkia.
6.
Memberikan
pengetahuan bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia dalam menjaga sikap, pola
pikir dan tingkah laku dalam kehidupan bersosialisasinya dengan mahasiswa yang
lain.
7.
Memberikan
pengetahuan bagi mahasiswa akan pentingnya menjungjung tinggi akhlak dan moral
yang bersumber pada aqidah dan tauhid.
1.5
Metode Penelitian
Penelitian
ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research). Oleh karena
itu, data-data yang dikumpulkan berasal dari data lapangan sebagai objek
penelitian.
A. Data Yang Diperoleh
Data yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah:
1.
Peran
penting pembinaan dalam pembentukan karakter bagi mahasiswa matrikulasi STEI
Tazkia
2.
Faktor-faktor
pendukung dalam pembentukan karakter mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia dalam
program pembinaan
3.
Efektifitas
program pembinaan bagi pembentukan karakter mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia
4.
Penghalang
dalam program pembinaan bagi pembentukan karakter mahasiswa matrikulasi STEI
Tazkia
B. Sumber Data
Sumber data yang penulis gunakan dalam kajian ini merupakan sumber
primer
Sumber Data Primer
Data
primer (primary data) adalah data yang diperoleh langsung dari sumbernya,
diamati dan dicatat untuk pertama kalinya.
Dengan kata lain, data yang diambil oleh peneliti secara langsung dari
subyek penelitian (informan), tanpa diperantarai oleh pihak ketiga, keempat,
dan seterusnya. Data primer diperoleh langsung dari lapangan baik yang berupa
hasil observasi maupun yang berupa hasil wawancara tentang peran penting
pembinaan bagi mahasiswa matrikulasi STEI Tazkia, Adapun data primer dalam
penelitian ini diperoleh dari para Pembina dan mahasiswa yang berkecimpung
dalam kehidupan matrikulasi di STEI Tazkia
MANTEP